-186- Maryam terima raport

Bismillahirrohmanirrohiim…

Alhamdulillah.

Tahun ini Maryam naik ke kelas dua. Walaupun secara emosional masih ketinggalan dibanding teman-temannya yang seumuran tapi so far Maryam masih enjoy mengikuti. Yang paling kerasa Maryam sudah mulai nalar. Dulu ngajarin baca itu yang sampai saya frustasi, sampai saya bikin buku sendiri untuk dia belajar baca, sekarang alhamdulillah. Sekali saya terangin seterusnya dia sudah bisa ngikutin.

Secara akademis Maryam juga masih bisa ngimbangi. Walaupun belum bisa sejago teman-temannya. Tapi saya sangat bersyukur. Bagaimana Maryam masuk SD tanpa bisa apa-apa, bahkan komunikasi saja masih terbatas, sekarang alhamdulillah banyak sekali perkembangannya. Baca bisalah yang sederhana, berhitung juga bisa yang sangat sederhana, menulis juga bisa. Saya tidak muluk-muluk dengan suami. Sekolah dasar, yes, namanya sekolah dasar, jadi kami hanya berharap Maryam bisa mahir dan faham yang dasar-dasar dulu. Misalnya kelas satu ini yang dasar kan calistung: Baca Tulis Hitung, ya sudah, itu saja dulu. Selebihnya biar Maryam yang jalan. Karena kita selalu mengingatkan diri sendiri bahwa anak memiliki sesuatu dalam dirinya yang unik dan tidak bisa disama-samakan atau dibandingkan antara satu dengan lainnya.

Tapi tahulah ya, lingkungan kita masih banyak yang mengagungkan nilai tinggi dan rangking yang bagus. Membuat stigma pintar dan bodoh. Padahal tidak ada tuh anak yang bodoh, yang ada anak pintar di minatnya masing-masing. Hanya saja kita para orang tua, pendidik, dan masyarakat pada umumnya belum tahu apa sih kecenderungannya. Dan kelebihan itu tidak juga harus membuatnya besar, cukup untuk membuatnya berguna.

Baru-baru saya melihat seorang Anang Hermansyah, kalo saya sih iyes, iya bener beliau orang yang saya maksud. Anang berpendapat bahwa anak sulungnya tidak perlulah kuliah. Menurut dia, anak sulungnya ini sudah tahu ke mana minatnya. Jangan sampai kuliah itu hanya sekedar kebanggaan, gengsi doang. Setuju Mas Anang, saya juga iyes…

Tapi pemikiran seperti Mas Anang ini belum begitu umum. Banyak duit kok pelit amat nyekolahin anaknya? Nah, kan masih banyak yang berpikir seperti ini. Atau anaknya bodoh kali gak mampu. Nah, ini lebih menyakitkan lebih ke bully, bagi yang gak kuat kemungkinan akan menyerah kemudian kuliah hanya karena omongan pedas seperti ini. So, saya sebagai orang tua memang harus siap mental. Harus siap jika anak kita tidak secemerlang kita di bidang kita. Karena ucapan pedas itu benar-benar lebih tajam dari pedang. Bersiaplah! Jangan sampai keputusan dalam hidup kita dipengaruhi oleh hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting. Keputusan hanya untuk membuat semua orang bahagia tentu gak sehat.

Kembali lagi ke maryam. Jujur. Ada juga rasa sedih mendapati raport anak saya tanpa rangking. Di sisi lain saya ambilkan raport ponakan yang berprestasi. Saya kadang berpikir apa Maryam kurang di bidang akademis. Sementara jujur saja sebagai orang tua yang berasal dari sistem pendidikan rangking berharap juga anak kita bisa sama baiknya bahkan lebih.

Saya cerita deh ke suami. Dan saya mungkin harus banyak bersyukur punya suami dengan pendirian sekuat baja. Saya yang seperti bambu ini akhirnya alhamdulillah bisa kembali merasakan angin sepoi-sepoi.

Saya harus terus memantrai diri bahwa setiap anak punya jalannya masing-masing. Mereka bukan kita. Mereka tidak harus sama dengan kita. Mereka istimewa dengan jalannya masing-masing. InsyaAlloh.

Advertisements

-185- Perang Ayam Geprek ala-ala

Bismillah…

Hallo semua yuk kita icip-icip menu yang lagi happening ini, sampai dibuatkan versi indomienya loh: Indomie Hype. Dan emang gila pedesnya! Kali ini saya mau coba ala-ala Radit: perang makanan. Tapi karena saya blogger kurang niat seadanya alakadarnya jangan kecewa kalo ternyata fotonya tidak lengkap. Ini adalah hasil dari icip-icip makan siang saya hehe. Saya kumpulin fotonya yang tidak seberapa itu.

Biar terlihat sedikit objektif mari kita tentukan indikatornya. Pertama tekstur, ini haruslah ya, merasa sebel kan kalo beli ayam goeng terus alot. Kedua rasa, nah kalo empuk rasanya hambar tetap bisa dimakan kan, tinggal kita carikan sambal sudah jadi. Tapi kalo rasanya enak ini akan jadi nilai plus yang jempolan. Ketiga crispy, krenyes, ini juga bikin kita semangat makan, mmm, lebih ke ngemil sih haha. Bener loh kalo crispynya enak jadi enak buat dicemilin. Dan terakhir sambal gepreknya. Kan ayam geprek jadi sambal gepreknya harus juga enak lah ya. Cukuplah ya empat. Wadahnya juga perlu kali ya. Siapa gitu yang sudah ramah lingkungan, iya gak, hehe.

Okay deh kita mulai saja. Di Brebes ini ayam geprek tentu tidak sebanyak di kota-kota besar. Di sini gak adalah geprek artis. Dan ini juga hanya yang pernah saya coba. Kalo ada orang Brebes yang baca boleh lah sharing juga tempat ayam geprek yang recomended di Brebes.

1. Ayam geprek saditan

Tekstur oke, masih bisa dimakan. Tekstur yang menurut saya empuk dan enak itu seperti ayam KFC ya. Tiap orang tentu punya referensi dan standar masing-masing. Nah, si ayam saditan ini rada jauh sih dengan KFC tapi intinya gak alot. So far masih bisa dinikmati untuk dimakan.

Rasa ayamnya gurih. Saya malah sempat mikir tepungnya itu pake bumbu instan yang biasa dijual di pasaran itu. Ya siapa sih yang gak suka MSG wkwkwk.

Crispynya itu ringan. Ya pokoknya kayak kalo kita masak tempe pake bumbu jadi. Rasanya ya seperti tepung instan itu ya. Sambelnya berwarna merah karena menggunakan cabe rawit dan besar merah. Cita rasanya lebih ke bawang putih. Enak. Dan penggunaan bawang putih inilah menurut saya yang menyelamatkannya secara keseluruhan. Ditambah agi sambelnya diulek dadakan, fresh from the oven. 

Terakhir, kalo kita take away bungkusnya itu pake kertas nasi. Gitu saja sih.

Nih saya kasih spoiler biar ngiler…

2. Ayam geprek “djoeragan geprek”

Variannya yang paling banyak. Ayam geprek topping keju lah ini lah itu lah. Banyak! Yang pernah saya coba itu kalo gak salah topping mozarella dan original. Yang ternyata kejunya cuma seuprit kaka. Harganya pun paling mewah. Mungkin karena embel-embel topping itu kali ya. Tempatnya juga paling strategis sih di pinggir jalan utama Brebes-Jatibarang.

Yang lain harganya masih under 15k. Di sini paling murahnya 15k yang original.

Dagingnya lembut banget. Tapi kesannya lembek tidak setegar kfc. Tapi emang lembut. Dan paling lembut menurut saya. Dan gak berasa yah. Hambar gitu. Kayaknya gak dikasih apa-apa deh. Minimal kan garam gitu ya. Yatapi balik lagi selera sih.

Krenyesnya juga lebih empuk. Bukan yang kriuk-kriuk renyah. Dan lagi-lagi bumbunya minimalis, hanya selintasan saja rasa asinnya. Warna krenyesnya itu paling coklat. Itu kenapa ya, ada yang tahu?

Sambalnya pedes banget. Gak bisa saya. Ini pedesnya pedes gak ada rasa asin manis. Jadi kayak cabe diulek tok. Masih sisa banyak sambelnya. Kebetulan kita dipisahkan. Untung saja kalau gak gitu kayaknya susah makannya. Tapi ada pilihan sambal ijonya. Gak tahu nih lebih enak dinikmati atau gak.

Mungkin kelebihannya tempat, bisa dipake nongkrong. Bisa dipake buat buka bersama. Makan bersama. Pokoknya bisa rame-rame. Dan praktis mesennya. Kayak di kfc gitu. Sudah paket-paketan. Gak perlu rebutan dengan yang lain. Bisa antri kita di sini, horayyyy….!

Paket 1 plus es teh manis

3. Ayam geprek gandasuli

Nah, yang ini nih yang lagi ngeheitts di sekitaran kantor saya. Belinya harus lihat-lihat jam, kenapa? Rame banget buk!

Ayam gorengnya lumayan gede. Sambel geprekannya pake cabe ijo. Sambal geprek cabe ijo lebih tepatnya. Dan pedasss sodar-sodara. Saya suka pedas tapi levelnya kalo dari 1 sampai 5, saya dua. Dan yang ini kayaknya sudah hampir 4. Angkat tangan Ceu!

Tapi bagi penyuka pedas, ini enak. Walaupun pedas banget bumbunya masih terasa. Tapi lagi-lagi ini sudah di luar standar pedas saya. Oh ya sambal ijonya itu mirip sambal ijo padang cuman yang ini lebih pedes.

Lebih enak take away karena tempat makannya kecil jadi gak leluasa. Pake sterefoam jadi ya gitu deh jauh dari kata ramah🙂

4. Ayam Geprek Bensu

Mereka membranding dengan nama “i am geprek bensu”. Saya nyoba yang level satu. Baru saja tadi malam tanggal 26 Juni. Mumpung lagi di Semarang. Saya pesan lewat aplikasi Go Food. Sudah ada dua ternyata di Semarang ini. Atau lebih ya?

Tekstur daging ayamnya lumayan lembut, gak alot. Rasanya lumayan enak. Bumbu goreng ayamnya terasa gurih. Kalo sudah gurih pastinya enak lah ya, yuk pecinta msg. Tapi porsinya gak bikin kenyang, hehe. Wadah boksnya lucuk, imut gitu. Ya emang kecil. Tapi overall masih enak.

Kalo diurut dari yang paling saya suka, maka urutannya gandasuli, saditan, bensu, dan djoeragan.

PS. Maaf ini post saya copas dari blog saya yang di blogger belum sempat dirapiin. Ada foto yang gak keangkut juga sih.

-184- Antara Nasi Kuning dan Bubur Ayam

Bismillahirrohmanirrohiim.

Sudah tiga pagi saya membeli bubur ayam di sekitar pasar Sitanggal. Kang Sum sudah selama itu juga absen tak jualan. Kata anak bungsunya lagi ke Pati.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa. Ya iyalah orang cuma beli bubur ayam. Tapi angin pagi ini membawaku pada dua tahun yang lalu di tanah Wakatobi.

Jadi keinget, dulu pengen banget makan bubur ayam, sudah keliling kampung tak dapat. Di sini jarak berapa meter di pinggir jalan sangat mudah menemukan penjual bubur ayam di pagi hari bahkan sampai larut pun ada. Jenisnya ada yang berkuah dan ada yang tidak. Toppingnya macam-macam, bisa pilih sesuka hati.

Pikiran melayang pada nasi kuning di seberang sana. Sambil menunggu si mas meracik bubur ayam saya jadi ingat nasi kuning menu utama sarapan di sana.

Boleh lah saya bilang menu utama, karena nasi kuning di Wakatobi dan Sulawesi pada umumnya selumrah bubur ayam di tanah jawa untuk sarapan. Kita bisa mendapatkan penjual nasi kuning di pagi hari dengan sangat mudah. Yang penting kita keluar rumah ya…

Saya akui nasi kuningnya enak-enak. Dari berbagai jenis beras. Ada yang lembek sampai yang tegar seperti beras nasi goreng, dan semuanya enak memiliki ciri kas masing-masing. Miriplah dengan bubur ayam ini. Sayang saya belum ubek-ubek fotonya keburu ingin menulis. Lauknya sudah pasti ada tempe oreg yang di tiap penjual berbeda cara pengolahan oregnya. Jadi si oreg ini menjadi salah dua pembeda nasi kuning antar penjual.

“Dua belas ribu…”

Oh ya saya lupa. Harga bubur ayam pinggir jalan besar tentu sedikit lebih mahal dari Kang Sum. Dua kali lipat lebih mahal. Tapi ini sebanding dengan harga nasi kuning di sana. Dari nasi kuning dan bubur ayam inilah saya jadi tahu bahwa harga-harga memang sudah mendekati sama antara timur dan barat = SAMA-SAMA MAHAL.

-183- Merenung

Ruang ini tidak pernah sesenyap ini
Ada hal yang menyayat hati
Ada kehilangan yang entah apa ini

Aku termenung
Manusia, kita hanya membaca dari luarnya
Dalamnya siapa yang tahu.

Ini mungkin kenapa kita tidak boleh bersu’udzon
Apa yang kita rasa dan pikir
Belum tentu benar adanya
Siapapun kita
Apapun posisi kita

Kuhaturkan permintaan maaf
Karena tidak bisa memadamkan api
Malah mungkin ikut menjadi kompor

Tidak ada alasan.

Kuhaturkan terimakasih
Karena kuyakin niat itu baik.

-182- Opini Koran (1)

Bismillah.

Ceritanya disuruh nulis di koran. Ya sudah saya nulis… Berhubung saya bisa sedikit menulis jadi kenapa tidak dicoba. Jujur saya hanya mencoba menulis tanpa harus dimuat atau karena takut sanksi jika tidak menulis. No. Saya tidak masalah kok jika sampai tidak dimuat dan kemudian saya kena hukuman. Saya bekerja itu sudah pada tahap go with the flow. Tidak punya ambisi apa-apa. Benar-benar ngalir saja.

Sanksinya sih biasa tapi sanksi sosialnya itu lho yang menggelitik. Okelah pada akhirnya saya bisa menjawab tantangan menulis itu. Di koran lokal. Tanpa bayaran. Tanpa apresiasi kecuali tulisan kita yang dimuat. Yaelah dengan dimuatnya tulisan kita berarti itu sudah lebih dari cukup kan. Paling tidak harusnya iya buat saya. Toh menulis sekedar karena disuruh agar muncul di media. Sampai disitu sih iya…Besok kayaknya enggak. Lha menulis itu gampang-gampang susah. Ada waktu dan tenaga yang kita korbankan. Hehe.

Ini sebenarnya bukan tulisan perdana. Dulu di Sulawesi pernah juga beberapa kali di koran lokal. Dan sekali menulis gagasan di koran nasional. Dan jomplang sekali ya apresiasinya. Hehe.

Tanpa berpanjang kata lagi, berikut saya salinkan tulisan saya yang dimuat tersebut. Satu lagi deh. Soalnya ada yang lucu dengan tulisan ini. Saya kirim ini tulisan malam hari tanggal 18 Desember. Tanggal 20 nya dimuat. Senang sekali karena begitu cepat dan tanggapnya nih koran, pikir saya. Dan saya memang berniat tidak mau kirim lagi karena dan karena tiadanya apresiasi. Eh, Bulan Januari ada teman yang bilang tulisan saya dimuat di koran yang sama. Saya bingung dong karena tidak pernah kirim lagi. Ternyata oh ternyata tulisan saya yang ini dimuat ulang. Ehehe…Tanggap sekali ya…

______________________________________________________________________________

Fokus Pembangunan Wilayah

Revolusi indutri terjadi sekitar tahun 1750-1850 di Britania Raya. Dua abad kemudian. Pendapatan perkapita meningkat lebih dari enam kali lipat.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah, standar hidup rakyat biasa mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. Perilaku ekonomi yang seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya”, hal ini dikemukakan oleh Robert Emerson Lucas, penerima hadiah nobel dalam bidang ekonomi tahun 1995. Sejak saat itu negara-negara industri tampil sebagai negara maju yang menguasai perekonomian dunia. Hingga saat ini.

Negara maju menurut International Monetary Fund (IMF) adalah negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP perkapita tinggi dianggap negara maju, sebut saja Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Semuanya merupakan negara industri yang maju.

Dalam lingkup daerah pun, daerah dengan industri maju cenderung manjadi daerah yang maju. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) lima provinsi dengan sumbangan ekonomi tertinggi di Indonesia adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Riau . Jika ditelisik lebih lanjut, sektor industri sangat dominan di kelima provinsi tersebut. Sumbangan sektor industri pada PDRB DKI Jakarta tahun 2017 sebesar 13,44 persen ke dua terbesar setelah sektor perdagangan. Di Jawa Timur sebesar 29,03 persen, Jawa Barat 42,29 persen, Jawa Tengah 34,96 persen, dan Riau sebesar 25,31 persen. Di mana sumbangan industri menjadi yang terbesar pada keempat daerah tersebut. Hal ini membuat daerah lain berlomba untuk menggenjot sektor industrinya.

Tentu, siapa yang tidak ingin daerahnya sejahtera? Mengikuti adalah hal yang paling mudah dilaksanakan ketimbang harus mencari jalan lain yang belum tentu tujuan akhirnya sama. Daerah pun mulai berlomba menjadikan daerahnya sebagai pusat industri baru.

Sampai titik ini mungkin kita lupa. Bahwasanya struktur perekonomian terdiri dari tujuh belas sektor. Yang kesemuanya tanpa terkecuali sangat penting dalam menggenjot pembangunan demi kesejateraan. Contoh, sektor pertanian yang sangat vital namun dilirik sebelah mata. Sektor pertanian justru tidak menjadi primadona. Di tengah sematan negara agraris hal ini tentu sangat ironi.

Negara subur gemah ripah loh jinawi mungkin baru sekedar kata positif pembangkit semangat. Negara dengan jumlah penduduk ke empat terbesar di dunia ini belum mampu memenuhi kebutuhan pokok warganya berupa beras. Import beras menjadi agenda rutin tahunan. Nilai import beras berdasarkan data dari BPS pada triwulan pertama tahun 2018 mencapai 1,12 juta ton. Hal ini mengalami kenaikan 755% dibandingkan import beras triwulan I tahun 2017. Angka yang fantastis tentunya untuk sebuah negara agraris.

Masalah pangan ini bukan hal sepele. Kenaikan jumlah penduduk setiap tahunnya membuat kebutuhan akan pangan semakin tinggi. Pada akhirnya kita harus kuat secara pangan. Tidak boleh lagi menggantungkan pada import. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla. Permasalahan sektor pangan ini secara umum ada tiga yaitu, kenaikan jumlah penduduk, lahan pertanian yang semakin menyusut, dan perubahan iklim.

Jika kita tidak segera bergerak maka akan selalu ketinggalan. Seperti halnya industri otomotif. Dalam sebuah tulisannya Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN pada era pemerintahan SBY pernah mengemukakan. Bahwasanya jika kita ingin sejajar dengan negara maju saat ini dalam industri mobil maka kita harus memiliki awalan yang sama. Untuk industri otomotif dengan bahan bakar minyak kita sudah jauh ketinggalan. Ibarat ikut perlombaan lari, yang lain sudah mencapai finish kita baru mulai. Seharusnya kita bisa bersaing dalam pembuatan mobil listrik. Semua negara baru mencoba. Semua memiliki peluang yang sama untuk maju.

Kenaikan jumlah penduduk adalah keniscayaan. Perubahan iklim adalah hal yang pasti. Mempertahankan daerah-daerah yang memiliki potensi pertanian untuk tidak dialihfungsikan bisa menjadi salah satu cara menekan penyusutan lahan pertanian.

Sejarah mencatat. Kita pun pernah merasakan swasembada beras yaitu tahun 1985. Pada waktu itu pertanian pernah sekali waktu menjadi primadona. Kita bisa kembali mewujudkannya jauh lebih baik.

Ini baru beras. Belum gula, garam, dan potensi komoditas lainnya yang belum mampu kita manfaatkan dengan baik. Maka tidak heran jika kita masih rentan terkena imbas gejolak ekonomi global. Nilai ekspor walau besar tapi masih kalah besar dibanding import. Sehingga menciptakan gap yang lumayan besar. Ketergantungan kita kepada pihak luar masih sangat tinggi.

Lantas?

Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Terbentuk dari beraneka ragam suku, bangsa, bahasa, dan agama. Setiap daerah memiliki kekhasan dan keunggulan masing-masing. Memiliki ciri yang membedakan dengan daerah lainnya.

Karena hal tersebut muncullah ide diversifikasi ekonomi. Diversifikasi ekonomi, yaitu penganekaragaman atau inovasi produk/bidang usaha diyakini mampu menambah daya dorong perekonomian, dan dapat menjadi strategi khusus untuk mendukung ekonomi Indonesia saat ini. Struktur perekonomian yang terkonsentrasi hanya pada beberapa sektor membuat perekonomian Indonesia rentan terhadap gejolak ekonomi global. Inti dari diversifikasi ekonomi adalah keunggulan daerah.  

Salah satu cara untuk melihat keunggulan daerah bisa dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto PDRB) masing-masing daerah. Dari sana bisa dilihat sektor mana yang memberikan sumbangan tertinggi. Sektor dengan sumbangan tertinggi patut menjadi perhatian. Visi dan misi pembangunan dapat diarahkan ke sana.

Contoh Kabupaten Brebes. Sumbangan terbesar pada PDRB taun 2017 adalah sektor pertanian sebesar 38,42 persen. Angka ini seharusnya cukup untuk membuat pemerintah daerah setempat mengarahkan kebijakannya ke sektor pertanian. Dengan begitu sumbangan pertanian pada PDRB provinsi pun akan terdongkrak. Dimana selama kurun 2013-2017 sumbangan sektor pertanian di Provinsi Jawa Tengah cenderung menurun.

Dengan begitu diharapkan setiap wilayah akan kuat dan saling menopang satu dengan lainnya demi tercapai pembangunan nasional yang merata.

-181- Beli Oleh-Oleh Solo

Bismillah.

Postingan ini tidak melalui research yang berarti. Cuma karena dekat dan suka.

Dari acara antar teman cari ATM dekat penginapan ketemu toko oleh-oleh. Pengen tahu kan oleh-oleh solo apa saja.

Kesan pertama saya ketika masuk adalah nyaman. Padahal tidak ada sapaan selamat datang. Tapi toko ini seperti menyambut hangat. Tidak ada pegawai toko yang ngintilin atau seakan mengawasi. Hanya dua orang di toko itu. Mereka sedang sibuk.

Oleh-olehnya beragam dan banyak. Paling dominan adalah roti. Kata pegawai tokonya semacam roti sobek. Khas Solo katanya. Ada wedang uwuh yang serba rempah. Kerupuk lele, brem solo, dan berbagai jenis keripik dan minuman. Harus nyoba dong.

Display tv jadul itu bagus tapi kok sayang ya…

Saya agak ngeri sebenarnya dengan bunga-bunga di atas tv itu. Itu yang kuning putih adalah keranjang belanjaan.

Kue yang katanya mirip roti sobek. Khas Solo.

Saya belum coba sih rasanya. Kalau penampakannya tak diragukan lagi: menggoda penyuka roti. Selain yang semisal roti sobek ada juga kue-kue panggang lainnya.

Keripik-keripik

Ini berbagai jenis snack. Biasalah ya kalau yang ini. Di banyak daerah juga ada. Masih ada snack lainnya di rak lain.

Roti-roti yang lebih kecil.

Tuh kan banyak sekali rotinya. Dan penampakannya itu menarik sekali.

Brem dan berbagai snack

Tuh gak rame kan. Tapi asli nyaman…

Pembayarannya pun fleksibel, bisa cash bisa pake kartu. Saya tidak tahu ya kalo harga karena ini adalah tempat pertama saya di Solo untuk beli oleh-oleh. Tapi karena kita senang dan nyaman saya kira harga tidak lagi menjadi masalah sejauh kita bisa membelinya.

Terakhir penampakan toko depan biar lebih jelas kalau ada yang mau ke sana juga. Oya satu hal menurut saya kurang tapi butuh bukan sekedar estetis: kursi tunggu. Habis belanja apalagi banyak kan setelah pembayaran pengen istirahat. Ini kursinya terbatas di depan kasir. Alamat kita gantian.

Tapi overall menyenangkan dan puas.

Jreng! Silakan bagi yang mau nyoba. Letaknya dekat banget dengan Hotel The Alaan

-180- Nginep di The Alana, Solo

Bismillah.

Biarpun gretongan tetap ya kita review wkwkwk.

Hal pertama yang saya rasakan adalah kenapa dulu di Santika saya tidak minta itu sendal! Bener lho bukan cuma perasaan. Memang sendal di Santika lebih enak dipake. Tebel.

Mana saya gak bawa sendal. Pas dipake itu teplek banget dan ujungnya sering kelipet-lipet saking tipisnya kali ya.

Kita cerita minusnya dulu ya. Di Alana juga tidak ada loundry bag dong. Tidak disediakan sajadah. Yang mana baru sedikit hotel yang mau menyediakan. Secara megah gitu ya. Terus kalau mau wudhu kaki harus naik di wastafel. Bagus sih, biar diingatkan jangan gemuk-gemuk. Susah lho itu gerakan mengangkat kaki. Bisa sebenarnya pake shower. Ya, pakai itu saja lebih mudah.

Selebihnya ini hotel bagus. Kita hanya berdua tapi sudah disiapkan extra bed. Mungkin awalnya ini kamar buat bertiga kali ya.

Penampakan extra bed

Lantainya di bawah kasur itu parket. Lebih enak dipijak, tidak licin, dan tidak membuat dingin telapak kaki. Tahukan gimana rasanya lantai keramik di tengah AC. Brrrbrb.

Di samping kanan kiri kasur ada colokan. Aman.

Pengaturan suhu sudah digitalisasi. Hair dryer disediakan di dalam kamar mandi. Apalagi ya?

Intinya bagus. Saya merasa nyaman. Satu lagi. Entah ini kelebihan atau kekurangan ya. Kamar mandinya itu berdinding kaca. Tembus pandang dong. Tapi tenang ada tirainya.

Oya lokasinya cukup strategis. Di kota. Saya sebenarnya gak begitu hapal. Tapi kalau mau cari makan dan oleh-oleh itu deket banget tinggal jalan. Ada nasi liwet, bakso, berbagai jajanan itu lengkap. Kecuali saya belum nemu selat solo.

Nasi liwetnya ini enak. Terutama ayam kampungnya. Gak alot lho. Bumbunya juga pas. Tapi memang nasi liwet isinya sederhana: sayur waluh, santan, kukus telur, rawit kukus dua biji, dan pilihan lauk ayam atau telur. Lebih wah dari nasi kucing menurut saya.

Baiklah tanpa kata-kata lagi silakan menyimak gambar-gambar alakadarnya yang berhasil dijepret.

Pintuuuuu manjyahhhh (hahah efek syahrini nih)

Tempat kartu. Seperti biasa ya di hotel-hotel zaman now.

Lemari mariiii

Wastafel yang melebar. Ini membuat air sering nyiprat-nyiprat kanan kiri depan belakang.

Tuuuh kan kebuka dinding kacanya😜

Toiletnya sendirian gitu

Toiletries nya cukup lengkap. Kurang sisir.

Gelas-gelas toiletries

Aman yang mau keramas terus cus pake kerudung.

Shamponya lumayan bikin halus rambut. Sabun saya lebih prefer ke batangan yang bulet-bulet itu

Mini bar

Lengkap, kopi dan teh…

Space depan bed. Cukup untuk sholat.

Cukup ya. Gambar sudah bercerita banyak.